BEAUTIFUL WATERFALL IN JOGJAKARTA

AIR TERJUN DI JOGJAKARTA

Pertama-tama kita menuju ke Yogyakarta. Disana ada beberapa air terjun atau “curug” istilah setempat. Yuk langsung menuju ke TKP…

1. Air Terjun Sidoharjo

Air terjun Sidoharjo, sesuai dengan namanya berlokasi di Desa Sidoharjo, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulonprogo, DIY. Masyarakat setempat menyebutnya curug. Jika anda hendak berkunjung dan sudah memasuki wilayah desa Sidoharjo, sebaiknya langsung saja bertanya kepada warga sekitar dan gunakan kata curug.

Untuk menuju desa Sidoharjo tidak terlalu sulit. Dari kota Yogyakarta, saya menuruti jalan lurus Tugu Jogja ke barat (jalan Godean) sampai melewati jembatan Kali Progo. Setelah itu, ada persimpangan lampu merah (Kenteng), belok kanan ke arah Kalibawang sampai menemukan persimpangan lampu merah yang terdapat tugu (Dekso). Atau bisa juga menyusuri jalan dari terminal Jombor lurus ke barat tanpa berkelok-kelok selain mengikuti jalan utama. Nanti ujung-ujungnya pun akan sama sampai di persimpangan Dekso. Dari situ ikuti jalan menuju ke arah Samigaluh (ke barat) kira-kira 4-5 km sampai setelah melewati jembatan kecil ada kelokan yang diikuti tanjakan. Di sebelah kanan jalan terdapat plang bertuliskan “MTS Sidoharjo 4 km”, masuk ke jalan tersebut (masih jalan aspal) dan ikuti terus sampai menemukan MTS yang dimaksud. Persis setelah melewati MTS, belok kiri mengikuti jalan berupa cor-coran semen kurang lebih 500 meter, lalu setelah melewati kandang sapi, berhenti di rumah bapak Dukuh untuk meminta izin menitipkan kendaraan.

Dari tempat pak dukuh, kita masih harus berjalan kaki melewati pematang sawah, kurang lebih 500 meter. Benar-benar masih alami, belum terjamah pembangunan

Curug Sidoharjo

2. Air Terjun Watu Jonggol

Air terjun Watu Jonggol terletak di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo,  Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, atau sekitar 42 km dari Yogyakarta. Air terjun ini belum memiliki nama, tapi warga setempat hanya menyebutnya curug saja.

Selain Air terjun atau curug, Nglinggo merupakan desa wisata budaya dan perkebunan teh. Disini terdapat tradisi Tari LenggerTapeng khas Nglinggo yang tetap terjaga secara turun temurun hingga sekarang dan biasa dipentaskan pada saat-saat tertentu.

Curug Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo

3. Air Terjun Sri Gethuk

Sri Gethuk, adalah nama sebuah air terjun yang berada di Desa Bleberan Kecamatan Playen Gunungkidul Yogyakarta.

Untuk mencapai tempat ini kita harus naik kendaraan melewati areal hutan kayu putih milik PERHUTANI dengan kondisi jalan yang bervariasi mulai dari aspal bagus hingga jalan makadam. Memasuki Dusun Menggoran, tanaman kayu putih berganti dengan ladang jati yang rapat. Sesampainya di areal pemancingan yang juga berfungsi sebagai tempat parkir, terdapat dua pilihan jalan untuk mencapai air terjun. Pilihan pertama yakni menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah  hijau dengan banyak pohon kelapa, sedangkan pilihan kedua adalah naik melawan arus Sungai Oya.

Air Terjun Srigethuk

4. Air Terjun Pantai Jogan

Air terjun yang terletak di tepi pantai ini menjadi salah satu pesona Pantai Jogan. Letaknya tidak jauh dari Pantai Siung, Gunung Kidul.

Air Terjun Pantai Jogan

Berada di desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Jogja. Air tersebut langsung jatuh ke laut, dengan ketinggian kira kira 10 meter, kira kira sekitar 200 meter barat Pantai Siung. Jalan ke lokasi sudah mulus beraspal, kemudian setelah dekat dilanjut lagi dengan cor blok sejauh 1 km, bisa dijangkau dengan motor maupun mobil. Fasilitas yang disediakan masih minim, hanya parkir saja, warung masih sedikit.

5. Air Terjun Gembyong

Terletak di dusun yang berbatasan dengan kecamatan Prambanan, tepatnya Dusun Gembyong Desa Ngoro-oro, Patuk, Gunungkidul.

Sebelum melihat Air  terjun Gembyong,  pengunjung akan melewati jembatan gantung yang tertinggi di DIY, sebab memiliki ketinggian sekitar 70 meter dari dasar sungai. Panjang jembatan gantung tersebut sekitar  90 meter yang kanan kirinya di selimuti panorama alam yang unik dan masih asli.

6. Air Terjun Luweng Sampang

Berada  diantara Desa Jogoprayan Kecamatan Gantiwarno Klaten Jawa Tengah dengan Desa Sampang Kecamatan Gedangsari Gunungkidul D.I. Yogyakarta. Orang sekitar menyebutnya luweng sampang, karena memang lokasinya berada di desa sampang.

Luweng Sampang merupakan sebuah air terjun yang memiliki karakteristik cukup unik. Tingginya memang terhitung cukup pendek, sekitar lima meter saja. Namun komposisi dari batuan di sekitarnya terlihat sangat menarik, berupa dinding batu yang tergerus oleh air, persis seperti di Grand Canyon, hanya dengan skala yang jauh lebih kecil.

About endro sambodo

So Peacefull ◄ Jadilah orang yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain • Bila engkau belum bisa, setidak-tidaknya, berusahalah untuk tidak merugikan orang lain ►

Posted on 12 Juni 2012, in Adventure. Bookmark the permalink. 4 Komentar.